UAS Penelitian Industri Menengah ( Umpan Ikan dan Peralatan Memancing )

  1. A. Latar Belakang Pemilihan Judul.
    Dalam keadaan perekonomian yang semakin sulit ini banyak terjadi persaingan di berbagai bidang kehidupan, termasuk didalamnya persaingan dalam dunia wirausaha. Banyak wirausaha yang saling berlomba untuk mendapatkan pangsa pasar, sehingga hal ini memacu wirausaha untuk berusaha terus maju dalam memperbaiki usahanya. Supaya usahanya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka wirausaha tersebut harus dapat mengantisipasi perkembangan ekonomi yang semakin kompetitif dengan melakukan strategi yang tepat agar tidak tersisih dalam persaingan. Selain itu wirausaha juga harus dapat mengantisipasi kecenderungan ekonomi di masa mendatang dan harus dapat bersaing dengan wirausaha lain yang bergerak di bidang yang sama. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan kemajuan usahanya.Peningkatan penduduk yang dibarengi dengan meningkatnya kebutuhan hidup memberikan lapangan pekerjaan atau wirausaha baru. Salah satu contoh pembuatan umpan ikan pak kamin. Dengan semakin meningkatnya akan kebutuhan. Lahirnya usaha atau bisnis baru ini juga menimbulkan pro dan kontra. Baik dari sisi menjual peralatan memancing maupun bidang-bidang usaha lainnya dari sisi konsumen akan tetapi usaha ini walaupun dikatakan bisnis baru tetapi telah mempunyai pangsa pasar yang tersendiri. Dengan Latar belakang perekonomian saat ini, saya tertarik untuk mengambil judul usaha industri menengah seperti:usaha pembuatan umpan ikan , karena usaha pembuatan umpan ikan didaerah yang saya teliti sangat banyak peminatnya dan banyak yang mengunjungi pembuatan umpan ikan tersebut. Selain itu bagi saya merupakan tambahan pengetahuan dari dunia praktisi dan sebagai pembelajaran sebelum masuk kedunia bisnis.Makanya saya mengambil judul dan meneliti Usaha pembuatan umpan ikan.
  2. B. Pembatasan Masalah
    • Tempat : Jakarta, Al.barkah II dekat smp 264
    • Jenis: Industri menengah
    • Kegiatan : Bisnis pembuatan umpan ikan & perlatan memancing ini cenderung dianggap orang sebagai bisnis yang menggiurkan / mempunyai untung yang cukup besar  dibandingkan dengan bisnis sejenis yang lainya. Tapi sebelum kita mengatakan hal itu untuk kedua kalinya coba kita telusuri tentang pembuatan umpan ikan .pembuatan perhiasan tersebut ada di wilayah, Jakarta,Jl.Al-barkah II dekat smp 264 yang diberi nama pembuatan umpan ikan pak kamin,ditempat ini lah pembuatan umpan ikan yg terbaik  yang menurut saya paling bagus/indah.pak odink memulai usahanya di tempat itu pada awal usahanya di buka memang tidak langsung banyak pembeli dengan tekat dan semangat yanng kuat yang ada pada diri beliau, ternyata beliau gak salah pilih untukakan usaha yang akan digelutinya.Selain semangat yang membaja ada beberapa faktor yang mendukung keberhasilan usaha tersebut diantaranya tempat sangat strategis juga sangat mempengaruhi keberhasilan suatu usaha, misalnya suatu usaha yang dibuka ditempat umum dan ramai tingkat keberhasilanya akan lebih di bandingkan ditempat yang sepi, mungkin itu salah satu pertimbangan beliau, sehingga beliau memilih tempat tersebut, selain lokasi yang strategis tapi juga ramai dilalui kendaraan bermotor dan jalan protokol di daerah tersebut, sehingga memudahkan akses pengenalan pembuatan umpan ikan tersebut pada pelanggan.
  3. C. Isi :
    Usaha pembuatan umpan ikan  ini dibantu oleh 5 karyawan laki – laki, dan 2 karyawan perempuan. Pembuatan umpan ikan ini buka dari jam 09.00 – 20.00 WIB. Dengan mengandalkan jualan pembuatan umpan ikan saja mereka dapat mengantongi untuk rata – rata Rp.200.000.000 perbulanya, itu mungkin aja di dapat dengan omset penjualan 10000 bungkus umpan ikan,dan peralatan memancing lainya per bulan. dengan harga, berkisar Rp.10.000 hingga 20.000.000 /peralatan. Dengan modal yang tidak tentu setiap harinya dikarenakan penjualan tidak bisa ditentukan sebagaimana bisnis wirausaha yang lain , karena barang seperti ini bisa bertahan sampai kapan pun,dan biasanya dijadikan koleksi atau  infes untuk menyimpan uang. Dengan demikian banyaknya untung yang di dapat untuk perharinya Rp.7.000.000, dan bila dikalikan 28 hari kerja maka untung dalam satu bulanya hampir Rp.200.000.000 Itu sudah laba bersihnya lho, jadi kita bisa tebak berapa pendapatan Pak kamin pertahunya. Tapi belakangan ini Pak kamin katanya kwatir, ketika ditanyakan penyebabnya beliau menjawab tentang maraknya usaha yang sejenis dan berdekatan dengan tempat usaha beliau  serta naik turunnya  kurs dolar yang mempengaruhi nilai jual dari peralatan memancing tersebut,hal itu dapat dimaklumi dengan adanya usaha yang sejenis dan berdekatan,secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap omset penjualan beliau,disini dibutuhkan kemampuan yang lebih, supaya para pelanggan tidak pergi ketempat yang lain. Menurut saya ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh Pak kamin supaya para pelanggan tidak lari, selain peningkatan mutu tapi juga harus diperhatikan kepuasan para pelanggan. ini dapat dilakukan dengan cara penambahan luas tempat usaha dan pelayan,karena kalau tempatnya tidak di perluas dan pelayanya tidak ditambah maka pelanggan yang menunggu akan bosan menunggu dan ahirnya pergi ketempat lain, dan apabila sudah pergi ketempat lain maka omset penjualanya akan berkurang, tapi sebelum hal itu terjadi maka beliau harus mempertimbangkan beberapa aspek diatas. Jadi sekarang kita tahu ternyata pembuatan emas dapat memberikan untung yang lebih besar dari yang kita harapkan, dan mungkin lebih besar untuk itu sebelum mengambil keputusan tidak ada salahnya kita mempertimbangkan usaha tersebut diatas, siapa tau kita dapat lebih berhasil dari Beliau.
  4. D. Lampiran dan sumber



About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: